Mengenal Parasit Yang Umum Pada Burung Kesayangan

Parasit Yang Umum Pada Burung
Parasit Yang Umum Pada Burung

Parasit pada burung dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti halnya dapat mempengaruhi hewan dan manusia lainnya. Lebih dari sekedar cacing jamur  atau tungau, parasit bisa datang dalam berbagai bentuk. Penting bagi pemilik burung untuk membiasakan diri dari parasit yang umum pada burung yang menginfeksi burung peliharaan dan gejala yang sedang diderita. Mengetahui tanda-tanda penyakit yang harus dicari dapat membantu memastikan hewan peliharaan Anda mendapat perhatian dengan segera.

Jenis – Jenis parasit ada burung : Inilah daftar beberapa parasit paling umum yang menginfeksi burung peliharaan dan bagaimana cara mengenalinya.

Aspergillosis

Jamur parasit ini mempengaruhi sistem pernapasan burung. Disebabkan oleh jamur Aspergillus (dan sering disingkat menjadi “asper”), infeksi ini sangat umum ditemukan pada burung beo betina, burung elang dan elang yang pendamping juga rentan terhadap Aspergillosis, terutama bila dalam kondisi alam yang tidak sehat.

Parasit Yang Umum Pada Burung
Parasit Yang Umum Pada Burung

Jamur ini terutama ditemukan pada bahan yang mudah membusuk seperti sampah atau tumpukan kompos, atau dalam sangkar kotor. Seekor burung dengan Aspergillosis akan menunjukkan gejala yang menyerupai flu manusia, termasuk sulit bernafas, kotoran tidak normal atau tidak biasa (termasuk diare), cairan hidung, rabbun mata dan penurunan berat badan.

Pengobatan Aspergillosis dengan antibiotik bisa berhasil jika sudah tertangkap lebih awal. Bagi burung dengan kasus infeksi kronis, prognosisnya tidak baik. Untuk mencegah Aspergillosis, jaga agar kandang burung Anda tetap bersih, basuh semua buah dan sayuran sebelum memberi mereka makan dan cuci tangan sebelum dan sesudah menangani mereka.

Giardia

Gejala Giardia pada burung, seperti diare berat, penurunan berat badan, dan dehidrasi. Anehnya kotoran burung  berwarna keputihan dan menggupal. Burung yang terinfeksi dengan Giardia kemungkinan terlalu bnayak didis. Giardia paling sering ditemukan pada burung-burung dari keluarga burung beo, termasuk budgies, cockatoos, macaw, dan beo.

Parasit Yang Umum Pada Burung2
Parasit Yang Umum Pada Burung

Ini adalah penyakit zoonosis, artinya burung yang terinfeksi bisa menyebarkan infeksi ke manusia, jadi hati-hati saat menangani hewan kesayangan Anda. Sering mencuci tangan adalah salah satu cara paling pasti untuk mencegah transmisi Giardia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*