Mengenal Lebih Dekat Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo

Cucak Hijau
Cucak Hijau

www.kicauid.com Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo adalah jenis burung kicauan dengan badan dominan berwarna hijau. Burung ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati dan termasuk ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird. Jenis-jenis cica-daun juga dikenal dengan sebutan umum Burung daun, dan diperdagangkan dengan nama Murai daun, atau dengan nama local Cucak hijau (Cucak Ijo).

Klasifikasi Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo
Klasifikasi Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo

Dengan ciri- ciri  bertubuh sedang, panjang total tubuh (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) kisaran 20 – 22 cm. Pada umumnya, seluruh tubuhnya didominasi warna hijau terang (hijau daun) jika jantan dan full dominan hijau jika betina, termasuk sayap dan ekor. Sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau. Perbedaan dengan burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. Burung betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya. Pada mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki hitam ke abua-abuan.

Burung cica daun besar atau cucak ijo betina
Burung cica daun besar atau cucak ijo betina

Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo hidup di pepohonan yang tinggi di hutan primer, hutan sekunder dan hutan bakau. Sngat meenyukai pepohonan yang berdaun lebat. Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo kebanyakan di temukan menyendiri (individual) karena bersifat petarung, bisa berpasangan atau dalam kelompok campuran. karena bersifat petarung jenis burung Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo sering bersikap agresif terhadap burung jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan. Walaupun makanan utamanya adalah pisang, burung ini juga mengonsumsi serangga kecil dan kroto.

Seperti umumnya Cica daun, burung Burung Cica Daun Besar atau Cucak Ijo pun merupakan salah satu incaran penggemar burung. Belum ada informasi mengenai sejauh mana pengaruh perdagangan jenis burung ini terhadap populasinya di alam di Indonesia.

Incoming search terms:

burung daun besar, cak hijau daun, cica daun, klasifikasi ilmiah cucak hijau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*